Link Exchange

    Alun-Alun-

    Alun-Alun-

    translate!

    counter!

    map !

    amazingcounter

    Adsense Indonesia

    kumpulblogger2

    kutukutubuku


    Masukkan Code ini K1-78A96D-3
    untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

    kumpulblogger1

    Pengikut

    Product Cloud

    a href="http://freewebsubmission.com"> Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Rabu, 24 Februari 2010

Monumen Prajurit Soejitno


Lokasi : Alun Alun Bojonegoro

Di alun alun kota Bojonegoro, tepatnya di tengah alun alun ada satu patung berdiri kokoh menghadap ke arah barat. Patung yang terbuat dari kuningan tersebut adalah salah satu figur Pejuang/Pahlawan  dari Bojonegoro yang bernama lengkap RM Soejitno Koesoemobroto, yang gugur pada tanggal 15 Januari 1949 pada saat terjadi pertempuran antara Tentara Republik Indonesia dengan Belanda.

Soejitno yang mempunyai nama lengkap RM Soejitno Koesoemobroto ini lahir pada tanggal 4 November 1925. Putra dari RM Koesoemobroto ini mengeyam Pendidikan Dasar (ELS) di Tuban kemudian melanjutkan HOS nya di Surabaya akan tetapi belum sampai lulus kemudian menyelesaikan pendidikan setingkat SMP nya di Tuban.

Soejitno adalah seorang sosok yang mempunyai sifat pendiam dan cukup berwibawa, ramah tamah (supel) dan berdisiplin.

Setelah itu Soejitno melanjutkan pendidikan di Syodenco (Perwira PETA) di Bogor. Karir Soejitno di awali pada zaman Penjajahan Jepang sebagai perwira PETA (Syodenco) di Dai Ni Daidan Tuban. Kemudian setelah Indonesia merdeka Soejitno masuk BKR, TKR, TRI, TNI di Batalyon Suharto Resimen 30 Divisi V di Tuban.

Pada awal tahun 1948 pindah kesatus ke Batalyon 16 Brigade Ronggolawe dengan pangkat Letnan Satu dengan jabatan sebagai Perwira Operasi.

Pada tanggal 15 Januari 1949 terjadi pertempuran yang dahsyat sehingga Lettu Soejitno gugur sebagai komando perlawanan di Temayang,  yang di kenal dengan Palagan Temayang.

Atas pengabdian dan pengorbanan Lettu Soejitno ini oleh rakyat dan pemerintah kabupaten Bojonegoro, Soejitno di angkat dan di tetapkan sebagai pahlawan daerah Bojonegoro. Sehingga wajib di monumenkan di tengah alun alun


Sumber :
SEJARAH KABUPATEN BOJONEGORO
(Menyingkap Kehidupan Dari Masa ke Masa)

Di susun oleh :
Panitia penggali dan penyusun Sejarah Hari Jadi Kabupaten Daerah Tingkat II Bojonegoro

Diterbitkan oleh :
PEMERINTAH KABUPATEN DAERAH TINGKAT II BOJONEGORO


TwitterOnlineSystem.com

Backlink Builder

Enter Keyword (Theme)

co.cc

IndoBloog - Blog Berita Indonesia

Blog Archive